Kemampuan Jadi Makin Lengkap, Tagana Jalani Pelatihan Penyelamatan Korban di Air

Kemampuan Jadi Makin Lengkap, Tagana Jalani Pelatihan Penyelamatan Korban di Air
Mensos Tri Rismaharini dalam perayaan puncak Tagana di Pangandaran. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, PANGANDARAN - Peringatan Hari Ulang Tahun ke -17 Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pangandaran, punya arti khusus. Selain menjadi lokasi wisata, di kawasan pantai ini juga menjadi ajang Tagana menjalani pelatihan penyelamatan di air.

Tambah "menu" latihan penyelamatan korban bencana di air tidak lain merupakan arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Ia menuturkan, Tagana sudah menjalani tugas di berbagai medan bencana yang sulit.

Kendati demikian, Mensos pernah bertanya kepada Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin apakah Tagana sudah pernah dilatih penyelamatan korban bencana di air?

"Ternyata menurut Pak Pepen, belum. Nah jadi di sini ya tempat wisata. Ya sekalian latihan di air. Jadi (kemampuan) Tagana makin lengkap, " kata Mensos dalam sambutannya pada Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-17 Bhakti Sosial dan Jambore Nasional di Plaza Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kemarin.

Menurut dia, pelatihan penyelamatan korban bencana di air merupakan salah satu wujud tingginya harapan pemerintah dan masyarakat kepada Tagana. Mensos Risma mengatakan, Tagana makin tangguh, profesional dan memiliki kesiapsiagaan yang makin tinggi.

Pada sambutannya, eks Wali Kota Surabaya itu juga menyatakan apresiasinya terhadap Tagana. Dia mengatakan, Tagana menjadi contoh bekerja secara sinergis dengan instansi terkait dalam penanganan bencana.

"Tagana bekerja dengan diam. Tapi penuh dedikasi. Mereka bikin makan siap saji. Saya tanya sudah jam 11 malam. Sudah makan? 'Belum bu. Masih belum selesai' ", katanya.

Dia menilai, Tagana merupakan contoh nyata mengatasi masalah dengan bergotong royong dan membawa manfaat nyata.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke -17 Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pangandaran, punya arti khusus. Selain menjadi lokasi wisata, di kawasan pantai ini juga menjadi ajang Tagana menjalani pelatihan penyelamatan di air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News