Kemensos Lakukan Veri-vali untuk Pastikan Data Disabilitas Bali Tepat Sasaran

Kemensos Lakukan Veri-vali untuk Pastikan Data Disabilitas Bali Tepat Sasaran
Kementerian Sosial RI melakukan verifikasi, validasi (Veri-vali), dan asesmen data sasaran Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Bali. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, BALI - Kementerian Sosial RI melalui Balai Disabilitas "Mahatmiya" Bali melakukan verifikasi, validasi (Veri-vali), dan asesmen data sasaran Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Bali.

Data yang berhasil dilakukan veri-vali sebanyak 1.387 penyandang disabilitas yang tersebar di dua belas Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), yaitu 178 orang dan berdasarkan jenis data individu sebanyak 1.209 orang.

Kepala Balai Disabitas Mahatmiya Bali, Sutiono, menyatakan, tujuan veri-vali untuk keakuratan data yang melibatkan berbagai pihak, mulai Dinas Sosial (Dinsos), Kelurahan/Desa atau Kecamatan, tokoh masyarakat, Pendamping Disabilitas, serta LKS di seluruh Provinsi Bali.

"Dengan menerjumkan sembilan tim ke langsung lapangan, akan didapatkan data sasaran ATENSI yang lebih akurat dan tepat sasaran," kata Sutiono.

Setiap tim, kata Sutiono, terdiri dari tiga petugas balai dan dua hingga tiga pendamping disabilitas yang disesuaikan dengan kondisi wilayah dan jumlah sasaran veri-vali tersebut.

“Tahap pertama, digelar 23-25 Maret, Balai menurunkan tiga tim menyasar 110 penyandang disabilitas di Kabupaten Badung; 62 orang di Kabupaten Tabanan; 257 orang di Kabupaten Buleleng; serta 91 orang di Kabupaten Klungkung, ” tandas Sutiono.

Tahap kedua, digelar 29-31 Maret sedang berlangsung tim Veri-vali dan Asesmen mengunjungi 118 orang di Kota Denpasar; 196 orang di Kabupaten Gianyar; 142 orang di Kabupaten Karangasem; 90 orang di Kabupaten Bangli; serta 324 di Kabupaten Jembrana.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Dinsos Kota Denpasar, I Gusti Lanang Oka, menyambut baik veri-vali dan asesmen Balai Mahatmiya.

Kementerian Sosial RI melalui Balai Disabilitas "Mahatmiya" Bali melakukan verifikasi, validasi (Veri-vali), dan asesmen data sasaran Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News