Kemensos Sebut Tagana Berkontribusi Membantu Warga Terdampak Bencana

Kemensos Sebut Tagana Berkontribusi Membantu Warga Terdampak Bencana
Personel Tagana mengevakuasi korban bencana. Ilustrasi. Foto: Humas Kemensos RI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial RI mengapresiasi peran strategis dari potensi sumber kesejahteraan sosial yang berkipah nyata di tengah masyarakat, salah satunya dari Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Tagana akan mengelar Bakti Sosial dan Jambore Nasional di Plaza Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Humas Kemensos dalam keterangan pers menyebut Menteri Sosial Tri Rismaharini akan mengakat tema “Sinergi bersama multi pihak, sukseskan Tagana menjaga alam”.

Tagana sejak dibentuk pada 2004 terus mengalami perkembangan dan senantiasa menjadi garda terdepan dalam memberikan kontribusi dan layanan bagi masyarakat yang terdampak bencana alam.

Hasil verifikasi Tagana aktif pada 2020, saat ini terdapat 26.026 personel yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Kemensos melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam setiap tahu menggela kegiatan regular yaitu Peringatan HUT Tagana yang diperingati setiap 24 Maret.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas peran serta Tagana yang selama ini telah ditunjukan dalam berbagai penyelenggaraan penanggulangan bencana yang berbasis komunitas.

Kegiatan HUT Taganan, juga diisi dengan penyerahkan bantuan berupa truk serbaguna kepada Kabupaten Pangandaran, penyerahan hadiah pemenang Jambore, simulasi bencana oleh TMS, serta deklarasi nelayan siaga bencana.

Kemensos RI mengapresiasi peran strategis dari potensi sumber kesejahteraan sosial yang berkipah nyata di tengah masyarakat, salah satunya dari Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News