Kemarau Panjang, AQUA Klaten Bantu Warga Desa Tegalmulyo dari Krisis Air

Kemarau Panjang, AQUA Klaten Bantu Warga Desa Tegalmulyo dari Krisis Air
Embung Tirta Mulya di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten sangat membantu masyarakatnya dari kekurangan air. Foto: dok AQUA

jpnn.com, JAKARTA - Kemarau panjang yang terjadi saat ini menyebabkan daerah-daerah di Indonesia mengalami kekeringan termasuk Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Namun, keberadaan Embung Tirta Mulya di wilayah setempat sangat membantu masyarakatnya dari kekurangan air.

Masyarakat bisa tetap bertanam sayur-mayur dan menjadi sumber air minum untuk ternak-ternak mereka.

Terlihat, beberapa warga, baik pria maupun wanita, sedang mengantri di Embung Tirta Mulya, untuk mengisi jerigen-jerigen mereka dan membawanya dengan sepeda motor.

“Kami sangat terbantu dengan adanya embung ini karena bisa kami gunakan untuk menyiram tanaman dan kasih minum ternak. Apalagi air di desa kami sangat sulit dan terjadi musim kemarau yang sangat panjang,” kata seorang warga bernama Eko, baru-baru ini.

Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno menyampaikan air dari embung itu sangat membantu masyarakat di desa itu.

Masyarakat biasanya menggunakan air dari embung untuk kebutuhan air ternak.

"Selain itu juga digunakan untuk menyirami tanaman sayur-mayur itu. Apalagi saat musim kemarau panjang saat ini, air dari embung itu sangat membantu masyarakat di Desa Tegalmulyo ini,” ujarnya.

Kemarau panjang yang terjadi saat ini menyebabkan daerah-daerah di Indonesia mengalami kekeringan termasuk Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News