Kemarau Panjang, KLHK Siagakan Manggala Agni Seluruh Indonesia

Kemarau Panjang, KLHK Siagakan Manggala Agni Seluruh Indonesia
Penanggulangan karhutla dan asap oleh Manggala Agni dan satgas gabungan. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mengantisipasi akan terjadinya musim kemarau berkepanjangan. Salah satunya dengan menyiagakan Manggala Agni di seluruh Indonesia.

Pelaksana tugas Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Raffles Panjaitan mengatakan, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau.

“Kami telah menginstruksikan kepada seluruh Manggala Agni Daerah Operasi di Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) seluruh Indonesia untuk siaga,” ujar Rafles kepada wartawan di KLHK, Jakarta, Kamis (1/8).

BACA JUGA: Enam Langkah Strategis Kementan Hadapi Kekeringan Musim Kemarau

Bahkan, kata dia, Manggala Agni di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, hingga Sulawesi Tenggara dalam posisi terus melakukan patroli rutin.

Kemudian, rekapitulasi helikopter dan pesawat 2019 yang terlibat dalam kegiatan patroli maupun pemadaman kebakaran hutan dan lahan sampai 31 Juli 2019 sejumlah 35 unit. Untuk pemadaman udara berupa kegiatan water boombing pada tahun 2019 sebanyak 18.269 kali.

“Total air yang dijatuhkan sebanyak 68.452.400 liter air,” sebut dia.

BACA JUGA: Pengumuman! Musim Kemarau Sudah Tiba, Lebih Kering

Manggala Agni di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, hingga Sulawesi Tenggara dalam posisi terus melakukan patroli rutin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News