Kembali Ke Inggris Setelah 6 Tahun Absen

Kembali Ke Inggris Setelah 6 Tahun Absen
Kembali Ke Inggris Setelah 6 Tahun Absen

BIRMINGHAM - Gerard Houllier akhirnya kembali ke kasta tertinggi sepakbola Inggris, English Premier League. Houllier resmi membesut Aston Villa Rabu malam (9/8) waktu setempat. Pelatih 63 tahun tersebut menggantikan Martin O?Neill yang memutuskan mundur dari jabatannya bulan lalu.

   

Houllier punya pengalaman indah selama menjalani karir kepelatihan di Inggris. Pelatih asal Prancis tersebut menjadi pujaan hati publik Liverpool selama periode 1998-2004. Meski tidak pernah memberikan gelar juara liga, namun Houllier sukses dengan menghadirkan lima gelar juara bagi Liverpool pada musim 2000-2001. Antara lain Piala UEFA, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Serta Community Shield dan Piala Super Eropa.

   

Lepas dari The Reds, julukan Liverpool, Houllier juga sempat mengarsiteki Olympique Lyon pada musim 2005 sampai 2007. Dia membawa klub tersebut menjadi juara Prancis dua tahun beruntun, 2005 dan 2006. Setelah itu, mantan pelatih tim nasional Prancis pada 1992-1993 tersebut menjadi Direktur Teknik bagi Federasi Sepakbola Prancis, French Football Federation (FFF).   

   

"Saya sangat bahagia dan bangga bisa bergabung dengan klub yang besar dan bersejarah ini," kata Houllier seperti dilansir dari Associated Press. "Merupakan keputusan yang sangat sulit untuk meninggalkan FFF, namun saya tidak bisa menampik peluang untuk melatih klub yang telah lama saya dambakan," tambahnya.

BIRMINGHAM - Gerard Houllier akhirnya kembali ke kasta tertinggi sepakbola Inggris, English Premier League. Houllier resmi membesut Aston Villa Rabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News