Kembali ke Palu, Ini Instruksi Jokowi untuk Tangani Korban

Kembali ke Palu, Ini Instruksi Jokowi untuk Tangani Korban
Presiden Jokowi di lokasi bencana, Kota Palu pada Rabu (3/10/2018). Foto Biro Pers Setpres

jpnn.com, PALU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah lokasi terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, dalam kunjungan kerjanya pada Rabu (3/10).

Salah satu lokasi yang telah didatangi Kepala Negara setelah tiba di Kota Palu adalah Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan yang mengalami kerusakan cukup parah.

Di sana, suami Iriana tersebut melihat reruntuhan desa dan penanganan para korban. Dia juga menerima sejumlah laporan yang berkaitan dengan upaya pemulihan aktivitas dan sarana umum yang ada.

"Ini saya ke lapangan lagi untuk melihat kondisi riil setelah saya perintahkan empat hari yang lalu, baik yang berkaitan dengan evakuasi, listrik, BBM, logistik, dan terutama penanganan-penanganan yang luka," kata Jokowi di lokasi peninjauan.

Menurutnya, proses evakuasi, pembersihan, dan pencarian korban di lokasi telah berjalan sesuai dengan rencana. Sejumlah alat-alat berat tambahan juga sudah dioperasikan untuk mendukung percepatan penanganan itu.

"Saya lihat semuanya berjalan dengan baik. Evakuasi alat-alat berat sudah masuk semua. Di sini sudah, di Balaroa sudah, dan di tempat lain sudah mulai pembersihan-pembersihan dan pencarian korban sudah mulai dilakukan," jelasnya.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi peninjauan, dirinya juga melihat sejumlah tim dari PLN yang dilaporkan terdiri atas 500 orang sudah mulai melakukan perbaikan jaringan listrik yang sempat lumpuh pascagempa.

"Saya tadi dapat laporan 40 persen listrik sudah menyala meski itu bukan dari gardu, tapi dari genset-genset sedang maupun kecil yang sudah sampai ke sini," katanya.

Presiden Joko Widodo berharap penanganan cepat terhadap korban dan wilayah terdampak bencana gempa Sulteng bisa segera selesai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News