Kembangkan 20 SKPT, KKP Kembali Perkuat Kerjasama dengan Rusia

Kembangkan 20 SKPT, KKP Kembali Perkuat Kerjasama dengan Rusia
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok Humas KKP

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali memperkuat kerjasama sektor kelautan dan perikanan dengan Pemerintah Rusia.

Kerjasama itu terkait sektor perdagangan produk perikanan di kawasan Eropa Tengah dan Timur serta dalam hal pemberantasan Illegal Unreported and Unregulated Fishing (IUU Fishing).

Kerjasama sektor perdagangan, meliputi perluasan akses pasar bagi produk perikanan Indonesia, serta dukungan kerja sama peningkatan kapasitas kelembagaan dan SDM bagi aparatur dan pelaku usaha Indonesia untuk memenuhi standar kualitas dan kesehatan.

Selain itu, Indonesia juga mengundang Rusia untuk berinvestasi, khususnya dalam mendukung pengembangan 20 Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di pulau-pulau terluar dan wilayah perbatasan.

"Kami ingin menawarkan kepada Rusia, terutama perusahaan tambang dan energi asal Rusia Blackspace pada industri pengolahan ikan dan infrastruktur pelabuhan," ujar Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Untuk tahap awal, Blackspace direncanakan akan membangun Unit Pengolahan Ikan (UPI) di empat lokasi pelabuhan perikanan, yakni Lampulo Aceh, Untia Makasar, Sendang Biru Malang, Prigi Trenggalek.

Selain itu, untuk mendukung pengawasan dan memperkuat infrastruktur pembangunan SKPT, Susi juga menawarkan kerjasama di bidang transportasi penerbangan.

"Kerjasama di bidang penerbangan, saya pikir bisa mengembangkan kota-kota kecil yang memiliki potensi besar," tutur dia.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali memperkuat kerjasama sektor kelautan dan perikanan dengan Pemerintah Rusia. Kerjasama itu terkait sektor perdagangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News