Kembangkan Mangrove, Pupuk Kaltim Raih Penghargaan AREA 2021

Kembangkan Mangrove, Pupuk Kaltim Raih Penghargaan AREA 2021
Hutan Mangrove yang dikembangkan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur. Foto dok Pupuk Kaltim

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2021, kategori Social Empowerment pada Kamis (2/9).

Kategori ini merupakan penghargaan di bidang CSR untuk skala internasional, melalui program Konservasi dan Diversifikasi Mangrove serta Budidaya Kepiting (Server Mang Budi).

Server Mang Budi merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis konservasi mangrove di sekitar perusahaan, yang diinisiasi sejak 2017.

Program ini berfokus pada pembibitan, penanaman dan perawatan mangrove secara berkala, sebagai tindaklanjut komitmen lingkungan PKT untuk memaksimalkan perluasan area konservasi mangrove dan peningkatan ekonomi masyarakat. 

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengungkapkan Server Mang Budi dikelola kelompok Telok Bangko binaan PKT, yang dibekali berbagai pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan peluang ekonomi.

Sekaligus memperluas penerima manfaat dengan pengembangan area budidaya mangrove menjadi kawasan wisata berbasis konservasi.

Program ini merupakan wujud kesinambungan komitmen PKT untuk memperluas konservasi mangrove yang telah berjalan selama 12 tahun, sejak diinisiasi pada 2009.

Sejauh ini PKT telah menanam lebih dari 310 ribu bibit mangrove di dua lokasi, yakni perairan Kedindingan Kota Bontang, yang mencapai 152 ribu bibit, dilanjutkan di area HGB 65 Kelurahan Loktuan yang dikelola Kelompok Telok Bangko mulai 2018.

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2021, kategori Social Empowerment pada Kamis (2/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News