Kembangkan SDM Lokal di Kawasan Halmahera Tengah, PT IWIP Gandeng Komunitas Daerah

Selasa, 11 Mei 2021 – 19:40 WIB
Kembangkan SDM Lokal di Kawasan Halmahera Tengah, PT IWIP Gandeng Komunitas Daerah - JPNN.com
Kawasan Industri Weda Bay di Halmahera. Foto dok IWIP

jpnn.com, HALMAHERA TENGAH - Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Were mendapat dukungan dari PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Ketua Pengelola PKBM Were Bakir Usman mengatakan upaya tersebut dilaksanakan dengan cara meningkatkan literasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk keterlibatan masyarakat, (contohnya) saya di sini sudah punya dua kursus. Pertama pelatihan menjahit yang sudah jalan kurang lebih 1 tahun ini, walaupun baru 3 unit mesin jahit. Mesin ini 2 dari PT IWIP dan 1 dari operasional sendiri. Ada juga bengkel motor yang sudah jalan meskipun kecil-kecilan," ujar Bakir Usman, Senin (10/5).

Untuk menyambut investasi besar yang akan masuk ke wilayahnya melalui PT IWIP, pihaknya akan terus memberikan program pemberdayaan masyarakat.

Dengan kondisi kurangnya kesiapan SDM yang ada, dia menginginkan perusahaan menyediakan sarana guna meningkatkan literasi untuk masyarakat.

"Harapan saya sebenarnya saya mau buat, karena disini kurangnya kesiapan sumber daya manusia untuk menyambut investasi yang besar. Jadi (saya) sempat menyusun program bersamaan itu satu kalau bisa support dari PT IWIP itu namanya IWIP Library atau IWIP Membaca," jelasnya.

PT IWIP, lanjut Bakir, sudah beberapa kali mensupport agenda yang dilakukan oleh PKBM Were seperti pada kegiatan Perang Sampah yang dilakukan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 2020.

"Para pendahulu perang melawan penjajah untuk kemerdekaan Indonesia dan kalau sekarang kami perang sampah untuk kemerdekaan lingkungan seperti itu temanya. Kami di-support oleh PT IWIP mulai dari bahan-bahannya, alat-alat pendukung seperti karung, kantong kresek, sarung tangan, hingga masker dan hand sanitizer," terang Bakir.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...