Kemenag Klaim Pelayanan Haji Membaik

Kemenag Klaim Pelayanan Haji Membaik
Kemenag Klaim Pelayanan Haji Membaik
JAKARTA- Menag Suryadharma Ali mengklaim penyelenggaraan haji tahun ini mengalami perbaikan kualitas. Diantaranya dari segi transportasi dan pemondokan para jamaah haji di tanah suci. Menteri yang akrab disapa SDA ini menuturkan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan haji dari tahun ke tahun. "Dan ini terbukti selalu membaik,"ujar SDA kepada tim Media Center Haji (MCH) Kemenag, Rabu (31/8).

Politikus PPP tersebut menguraikan, perbaikan kualitas tersebut terlihat dari segi transportasi yang relatif lancar dari Mekah, Arafah, Musdalifah dan Mina. Namun, dia tidak memungkiri jika masih ada jamaah yang terlambat akibat ketidaksiplinan supir bus. "Banyak bis ditinggalkan supirnya.Untuk itu kita akan minta pemerintah Arab Saudi untuk benar-benar menertibkan,"urainya.

Di samping persoalan transportasi, SDA juga menuturkan, dari sisi jarak pemondokan ke Masjidil Haram di Mekah misalnya, jarak terjauh 7 km dan ada 2 ring dimana ring satu 2000 m kebawah,sementara ring jaraknya antara 2000-7000 m. Dia menjajikan jarak pemondokan dengan lokasi ibadah akan semakin dekat. "Itu terus berubah sehingga kini jarak terjauh 2500 meter,"tuturnya.

SDA melanjutkan, menyoal sisi kemampuan subsidi manfaat dana setoran awal jemaah juga meningkat. Dia mencontohkan pada 2009 lalu, hanya 27 persen yang tinggal di ring satu dan mendapatkan subsidi dana optimalisasi. Sementara pada 2010 menjadi 65 persen jamaah yang berada di ring satu. "Tahun 2011 dan 2012 juga sudah semuanya. Begitu juga dengan biaya-biaya lainnya seperti asuransi, paspor yang sudah" digratiskan,"jelasnya.

JAKARTA- Menag Suryadharma Ali mengklaim penyelenggaraan haji tahun ini mengalami perbaikan kualitas. Diantaranya dari segi transportasi dan pemondokan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News