Kemenag Menargetkan 131.330 Guru PAI Punya Serdik Tahun Ini

Kemenag Menargetkan 131.330 Guru PAI Punya Serdik Tahun Ini
Kemenag menargetkan 131.330 guru PAI memiliki serdik pada tahun ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan Seleksi Akademik (Pretest) Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam (PPG PAI) secara nasional sudah dimulai sejak 12 Mei. Seleksi ini berlangsung hingga 15 Mei 2022. 

Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Kementerian Agama (Kemenag) Amrullah menjelaskan pelaksanaan Seleksi Akademik PPG PAI 2022 merupakan penyelesaian guru dan pengawas PAI yang belum pretest pada 2019.

“Sebanyak 131.330 orang yang belum mengikuti pretest PPG PAI tahun 2019 kami upayakan bisa tuntas di tahun ini sehingga mereka bisa memiliki sertifikat pendidik (serdik),” ungkap Amrullah, Jumat (13/5).

Skema pelaksanaan pretest PPG PAI 2022 dilaksanakan serentak secara daring melalui Zoom meeting dan menggunakan aplikasi seleksi akademik Safe Exam Browser (SEB) dari Kemendikbudristek. 

Kemenag bekerja sama dengan empat Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), yakni UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Raden Fatah Palembang serta bekerja sama dengan Panitia Nasional.

Amrullah mengingatkan pelaksanaan pretest PPG PAI dilakukan seoptimal mungkin, mengingat kelemahan pelaksanaan ujian berbasis daring terletak pada kondisi jaringan di beberapa daerah tertentu. 

“Saya harap setiap LPTK pengawas bisa mengatasi kendala jaringan yang dialami peserta saat pelaksanaan pretest,” ujarnya.

Kasubdit PAI pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) Direktorat PAI Munir menjabarkan peserta pretest PPG PAI terdiri dari dua jenis kepesertaan. Peserta tetap pretest tahap 1 yang telah melakukan aktivasi berjumlah 89.433 orang.

Kemenag menargetkan 131.330 guru PAI punya sertifikat pendidik (serdik) setelah ikut seleksi PPG tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News