Kemenag Minta Penerima Beasiswa LPDP Tidak Mengkhianati Pancasila

Kemenag Minta Penerima Beasiswa LPDP Tidak Mengkhianati Pancasila
Kementerian Agama RI. Foto: Twitter @Kemenag_RI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama mewanti-wanti 171 penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk tidak mengkhianati Pancasila. Pancasila adalah titik temu dari kemajemukan Indonesia, jangan sampai terkoyak-koyak.

Selain itu, 171 penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini juga dibekali tentang moderasi beragama. 

"Moderasi beragama merupakan salah satu cara dan usaha pemerintah mewujudkan harmoni untuk keharmonisan bangsa," kata Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani di Jakarta, Senin (22/2).

“Moderasi beragama mencoba mengembalikan ruang-ruang keagamaan sehingga apa pun perbedaannya dapat dijadikan kelebihan dan ciri Indonesia di mata dunia."

Ali Ramdhani mengingatkan bahwa beasiswa LPDP bersumber dari uang rakyat. Sehingga, diperlukan sikap konsisten para penerima beasiswa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 

Pancasila merupakan sumber perekat bangsa yang mampu mempertemukan aneka keragaman di Indonesia, baik dari aspek agama, budaya, bahasa maupun khazanah lokalitas lainnya.

Indonesia dengan keanekaragamannya itu menjadi satu padu karena disemangati oleh nilai-nilai Pancasila, yakni ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan.

“Pancasila adalah titik temu dari kemajemukan Indonesia. Dalam bahasa Al-Qur'an disebut dengan kalimatun sawa’. Inilah di antara kelebihan Pancasila itu,” ujar Dhani, sapaan akrab Ali Ramdhani.

Kemenag meminta 171 Penerima beasiswa LPDP tetap memegang ideologi Pancasila dan jangan mengkhianatinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News