Kemenag Segera Menggelar Seleksi untuk Calon Guru Madrasah

Kemenag Segera Menggelar Seleksi untuk Calon Guru Madrasah
Bu Guru dan siswi. Ilustrasi Foto: dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) siap menggelar seleksi untuk calon guru madrasah. Seleksi untuk mengisi 155 formasi guru dan tenaga kependidikan ini akan digelar serentak, Selasa (17/7) mendatang, di 22 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC).

“Seleksi nasional ini untuk memenuhi kebutuhan guru dan pembina asrama MAN IC. Ada 155 formasi yang tersebar di MAN IC se-Indonesia sesuai kebutuhannya,” ucap Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemenag Suyitno di Jakarta, Jumat (22/6).

Peserta akan melewati tiga tahapan seleksi. Pertama, seleksi administrasi yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi. Nama peserta yang lolos diajukan ke Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) untuk mengikuti seleksi tahap kedua.

Seleksi tahap dua berupa seleksi akademik. Tahap ini dilakukan serentak oleh tim Ditjen Pendis.

“Peserta yang lolos akan mengikuti seleksi tahap ketiga berupa tes wawancara dan microteaching,” jelasnya.

Suyitno berharap seleksi nasional ini mampu menjaring profil guru dan pembina asrama yang memiliki komitmen keislaman dan keindonesiaan, profesional, kompeten, integritas dan berkomitmen tinggi pada prestasi guna semakin meningkatkan mutu MAN IC.(esy/jpnn)


Kementerian Agama (Kemenag) siap menggelar seleksi untuk merekrut 155 calon guru madrasah pada Selasa, 17 Juli mendatang.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News