Kemenakertrans Target Ciptakan 1.200 Montir Motor

Kemenakertrans Target Ciptakan 1.200 Montir Motor
Kemenakertrans Target Ciptakan 1.200 Montir Motor

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan akan melatih 12.000  calon montir motor dalam 5 tahun kedepan. Mereka akan digembleng di berbagai Balai Latihan Kerja (BLK).

Guna memuluskan rencana itu, Kemenakertrans juga menelurkan nota kesepahaman dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan PT. Techno Motor Indonesia  (Mr. Montir) terkait Pelatihan, Sertifikasi dan Penempatan Kerja Bidang Bisnis Administrasi Bengkel dan Perbaikan Sepeda Motor.

“Penjualan motor di Indonesia saat ini tumbuh dengan sangat pesat. Karena itu dibutuhkan ribuan tenaga montir motor yang handal dan kompeten," kata Abdul Wahab Bangkona, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnakertrans di Jakarta, Kamis (3/10).

Kerjasama lintas lembaga dan swasta itu dilakukan Kemenakertrans untuk menyiapkan tenaga kerja kompeten di bidang administrasi bengkel dan perbaikan sepeda motor.

Kerjasama ini kata Wahab akan berlangsung secara bertahap selama 5 tahun ke depan dengan target penciptaan montir yang handal mencapai 8.400 orang dan tenaga administrasi sebanyak 3.600 orang.

“Ini adalah bentuk dari  sinergi dan kemitraaan pemerintah dengan dunia industri dalam rangka menyediakan tenaga kerja yang kompeten dan siap bekerja di pasar kerja dalam dan luar negeri,“ ujarnya.

Dalam praktiknya, pelaksanaan pelatihan nantinya akan tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Cevest Bekasi, Bandung, Serang, Medan, Solo, Semarang, Makasar, Ternate, Sorong, Samarinda, Padang, Aceh, Kendari dan kota lainnya.

Dalam kerjasama ini Kemnakertrans bertugas menyelenggarakan pelatihan bidang bisnis administrasi bengkel dan perbaikan sepeda motor di Balai Latihan Kerja Kemnakertrans dan menyediakan sarana dan prasarana uji kompetensi.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan akan melatih 12.000  calon montir motor dalam 5 tahun kedepan. Mereka akan digembleng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News