Kemenakertrans Transmigrasikan 4.000 KK Korban Bencana

Kemenakertrans Transmigrasikan 4.000 KK Korban Bencana
Kemenakertrans Transmigrasikan 4.000 KK Korban Bencana
JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menerangkan, pihaknya akan siap mentransmigrasikan sebanyak 4.000 kepala keluarga (KK) korban bencana yang saat ini masih tinggal di tempat pengungsian. Disebutkan pula, anggaran untuk program transmigrasi 4.000 KK korban bencana ini, bisa mencapai hingga Rp 125 miliar.

"Jumlah 4.000 KK tersebut, sudah mencakup dari korban Merapi, Mentawai dan Wasior," ujar Muhaimin, ketika ditemui usai pelantikan pejabat eselon II dan III di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Senin (15/11).

Muhaimin menjelaskan, daerah yang akan menjadi target lokasi transmigrasi itu sendiri, letaknya tidak akan jauh dari lokasi bencana. Ia mencontohkan, untuk korban Wasior, akan dipindahkan sekitar 10 km dari lokasi bencana, sedangkan untuk korban Mentawai akan ditempatkan di wilayah ibukota atau kabupaten. "Sementara untuk korban bencana akibat letusan Gunung Merapi, dapat memilih sendiri di mana mereka mau tinggal," tukasnya.

Muhaimin pun menerangkan, Kemenakertrans akan memberikan bimbingan konsultasi dan juga biaya hidup bagi para transmigran itu nantinya. Menurutnya pula, tindakan yang dilakukan oleh Kemenakertrans ini, merupakan suatu tindakan altenatif, mengingat bencana nasional ini telah mengakibatkan puluhan ribu orang menjadi tunawisma.

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menerangkan, pihaknya akan siap mentransmigrasikan sebanyak 4.000

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News