Kemendag Jamin Ketersediaan Stok Kedelai Jelang Natal dan Tahun Baru

Kemendag Jamin Ketersediaan Stok Kedelai Jelang Natal dan Tahun Baru
Kemendag menjamin ketersediaan stok kedelai menjelang Natal dan Tahun Baru. Foto: ilustrasi/Humas Polda Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan memastikan stok kedelai untuk bahan baku tempe tahu menjelang Natal dan Tahun Baru aman terkendali.

Oke mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pelaku usaha untuk mengantisipasi kebutuhan kedelai dengan memperkirakan jumlah panen dan kualitas di negara produsen.

“Pasokan kedelai dari negara eksportir cukup baik. Kami optimistis pasokan kedelai cukup hingga kuartal pertama 2022 karena negara produsen telah memasuki masa panen," tegas Oke, Senin (6/12).

Dia berharap para pelaku usaha dapat bekerja sama dalam menjaga kelancaran pasokan kedelai ke pengrajin tahu dan tempe.

Oke memperkirakan dengan kondisi harga kedelai saat ini, harga tempe akan berada di kisaran harga Rp 10.129 per kilogram atau lebih rendah dari pertengahan Juni, yakni sekitar Rp 17 ribu dalam jumlah yang sama.

Sementara itu, harga tahu berada di kisaran Rp 605 per potong, sedikit turun dibanding sebelumnya di kisaran Rp 700 per potong.

“Kemendag akan terus konsisten memantau perkembangan harga dan pasokan kedelai, khususnya saat Natal dan Tahun Baru sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” tegas Oke. (mcr28/jpnn)

 

Dirjen PDN Kemendag Oke Nurwan memastikan stok kedelai jelang Natal dan Tahun Baru aman terkendali.