Kemendag Setop Sementara Impor Mamin dan Hewan Hidup dari China

Kemendag Setop Sementara Impor Mamin dan Hewan Hidup dari China
Buah impor. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan penghentian sementara impor produk makanan, minuman, dan bahan pangan berupa hewan hidup dari China.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjelaskan kebijakan ini diambil sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi penyebaran virus Korona ke Indonesia.

“Memang ada beberapa komoditas perdagangan yang sedang kami review berkaitan dengan penyebaran virus Corona ini,” kata Jerry, Jumat (7/2).

Jerry menegaskan kebijakan menyetop sementara impor makanan dan minuman dari China tidak akan menggangu atau berdampak serius terhadap ketersediaan dan stabilitas harga.

Kemendag kata Jerry juga akan memastikan kegiatan ekspor impor di bidang lainnya akan tetap berjalan secara optimal.

Saat ini, Kemendag tengah melakukan koordinasi dan pembahasan tentang kebijakan preventif ini dengan Kementerian dan Lembaga lainnya.

“Kami berusaha agar ekspor impor kita terutama ekspor tetap bisa berjalan optimal meskipun tentu saja akan ada dampak,” tutur Jerry.

Sebelumnya Kementerian lainnya seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengeluarkan kebijakan serupa guna mengantisipasi masuknya virus Korona ke Indonesia.

Kebijakan menyetop sementara impor makanan dan minuman dari China tidak akan menggangu atau berdampak serius terhadap ketersediaan dan stabilitas harga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News