Kemendagri Bergerak Cepat Merespons Keluhan dari Warga Kabupaten Karo

Kemendagri Bergerak Cepat Merespons Keluhan dari Warga Kabupaten Karo
Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Foto: Kemendagri

jpnn.com, KARO - Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga mengatakan pihaknya akan memfasilitasi penyediaan infrastruktur dalam mendukung distribusi hasil pertanian di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Dia menyampaikan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Mendagri Tito Karnavian untuk memberikan perhatian khusus sesuai kewenangannya. 

“Persoalan jalan produksi yang dikeluhkan oleh masyarakat itu merupakan tanggung jawab atau urusan pemerintahan di daerah,” kata Kastorius, Rabu (5/1).

Menurut Kastorius, Mendagri sebagai koordinator pembina dan pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 itu berfungsi untuk melakukan fasilitasi, pembinaan dan juga pengawasan terhadap seluruh pemerintah daerah. 

Kastorius menjelaskan kunjungan kerjanya ke Karo bertujuan untuk memastikan adanya sinkronisasi dan harmonisasi penanganan penyediaan infrastruktur dalam mendukung sektor pertanian, khususnya di wilayah Liang Melas, Kabupaten Karo. 

Liang Melas merupakan salah satu wilayah penghasil produk pertanian yang terdiri dari 4 kecamatan yaitu Tigabinanga, Kutabuluh, Laubaleng, dan Mardingding.

Kastorius mengungkapkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020 menunjukkan jumlah penduduk di wilayah tersebut sebanyak 6.486 jiwa dan luas pertanian mencapai 6.249 hektar dengan komoditi unggulan jeruk, jagung, kemiri, dan tanaman sayur-sayuran. 

Adapun infrastruktur jalan di Liang Melas dengan kondisi yang bervariasi, dari tingkat kerusakan ringan hingga rusak berat merupakan jalan di bawah kewenangan kabupaten sepanjang 32 kilometer. 

Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga mengatakan pihaknya akan memfasilitasi penyediaan infrastruktur dalam mendukung distribusi hasil pertanian di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News