Kemendagri dan Pemprov Sulsel Memacu Pertumbuhan Pembangunan Desa Lewat P3PD

Kemendagri dan Pemprov Sulsel Memacu Pertumbuhan Pembangunan Desa Lewat P3PD
Rapat monitorig pelatihan aparatur desa di Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - MAKASSAR - Pemerintah terus mewujudkan komitmen menguatkan pembangunan di desa. Salah satu program yang terus dipacu ialah pembangunan kapasitas perangkat pemerintahan desa.

Dengan kualitas sumber daya manusia mumpuni, diharapkan program dan tata kelola pemerintahan desa dapat berjalan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Guna mewujudkan hal itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerinahan Desa Kementerian Dalam Negeri menggelar pelatihan Penguatan Program Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulsel Muh Saleh menuturkan bahwa tantangan dan tugas kepala desa ke depannya kian kompleks.

Menurutnya, gelontoran anggaran yang besar dari pemerintah untuk pembangunan desa, akan menjadi tanggung jawab dan beban yang harus dikelola transparan dan akuntabel.

"Jadi, SDM yang baik mulai dari kepala desa hingga aparat desa menjadi hal mutlak," kata Saleh dalam siaran pers, Rabu (1/11).

Dia menambahkan pelatihan P3PD yang diberikan oleh Kemendagri sangat meringankan beban Pemprov Sulsel dalam membangun seluruh desa yang dimulai dari pembangunan kapasitas aparatur desa.

"Jadi, hasilnya nanti bisa meningkatkan pembangunan desa yang ada di Sulsel dan menjadikan desa yang mandiri. Khususnya desa dengan status tertinggal," paparnya.     

Kemendagri dan Pemprov Sulsel memacu pertumbuhan pembangunan desa lewat Penguatan Program Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News