Kemendagri Gandeng Hanung Bramantyo Garap Film Pembangunan Desa

Kemendagri Gandeng Hanung Bramantyo Garap Film Pembangunan Desa
Foto: Tim Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA – Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri menggandeng sutradara kondang Hanung Bramantyo untuk memproduksi film-film dokumenter tentang kisah sukses pembangunan desa. 

Direktur Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK dan Posyandu Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, TB Chaerul Dwi Sapta menjelaskan, film dokumenter tersebut akan mengangkat cerita yang benar-benar terjadi dari para tokoh yang berjuang untuk kemajuan desanya, dan bisa menjadi inspirasi bagi yang lain. 

"Kami ingin menyampaikan ke masyarakat luas, kisah-kisah inspirasi perjuangan desa yang menggambarkan perjuangan dan gotong royong warga dan aparat pemerintahan desa. Kami ingin sampaikan bahwa di desa bisa tumbuh dan berkembang,” ujar Chairul, seusai melakukan preview film-film tersebut di kantor Dapur Film, di Jakarta, Senin (13/11). 

“Desa adalah embrio dari negara, dan manusia desa yang maju adalah syarat kemajuan bangsa,” imbuhnya.

Ini merupakan produksi film pertama Kemendagri. Karena itu, Chaerul ingin film ini betul-betul layak ditonton masyarakat dan memberikan dampak nyata bagi kemajuan desa.

Inilah alasan kenapa dia menggandeng sutradara senior yang karya-karyanya sudah mendapatkan banyak penghargaan.

“Kami percaya Mas Hanung mampu membuat film ini disukai masyarakat dan pesannya tersampaikan. Mas Hanung sudah melahirkan banyak film berkualitas, dan saya berharap, film dokumenter ini juga tidak kalah kualitasnya dari film-filmnya yang lain,” tuturnya.

Film-film dokumenter ini akan segara ditayangkan dalam acara-acara yang dikelola Kemendagri maupun saluran digital.

Film dokumenter yang diproduksi Kemendagri terdiri dari empat cerita yang berangkat dari kisah nyata di empat tempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News