Kemendagri Mengajak Universitas Tadulako Bermitra Bahas Isu Strategis di Sulawesi Tengah

Kemendagri Mengajak Universitas Tadulako Bermitra Bahas Isu Strategis di Sulawesi Tengah
Plh Kepala Badan Litbang Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro. Foto: Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri mengajak Universitas Tadulako bermitra untuk mengkaji berbagai isu strategis yang berkembang di Sulawesi Tengah.

Pelaksana Harian Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan kerja sama ini sangat penting agar Kemendagri dapat memperoleh isu strategis di tataran lokal dengan cepat, selain mendapat masukan secara bottom up. 

Menurut Eko, pemerintah pusat akan bekerja lebih optimal bila didukung berbagai pihak, seperti pemda, pemdes, pengusaha, akademisi, media massa, dan masyarakat.

Masukan dari kalangan akademisi akan lebih menunjang kinerja pemerintah dalam merumuskan kebijakan berbasis pengetahuan.

"Diharapkan, Untad dapat memberikan masukan isu-isu di Sulawesi Tengah untuk dikaji bersama,” kata Eko dikutip dari keterangannya, Jumat (4/2).

Hasil kajian bersama tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung perumusan kebijakan oleh Kemendagri.

Kepala Pusat Litbang Otonomi Daerah, Politik, dan Pemerintahan Umum Akbar Ali mengatakan ada sejumlah tantangan di Sulawesi Tengah yang bisa menjadi usulan untuk dikaji.

Contohnya ialah kekhawatiran terhadap timbulnya konflik sosial.

Plh Kepala Badan Litbang Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengajak Untad bermitra untuk mengkaji berbagai isu strategis yang berkembang di Sulawesi Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News