Kemendagri Minta Pemprov Papua Tengah Mengoptimalkan SIPD RI

Kemendagri Minta Pemprov Papua Tengah Mengoptimalkan SIPD RI
Bimtek tentang SIPD RI di Mimika. Foto: source for JPNN

jpnn.com - MIMIKA - Kementerian Dalam Negeri mendorong Pemerintah Provinsi Papua Tengah memaksimalkan penggunaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD RI) sebagai aplikasi umum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Penggunaan SIPD merupakan langkah aktual dalam mewujudkan reformasi birokrasi tematik digitalisasi administrasi pemerintahan.

Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan mengatakan hal itu dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang SIPD RI Penatausahaan Keuangan Daerah, Tata Cara Penggunaan dan Penyelenggaraan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dan Cash Management System (CMS).

Maurits menyampaikan, SIPD RI merupakan jembatan penghubung penerapan konsep transformasi digital pemerintah daerah ke dalam SPBE dan Satu Data Indonesia.

“Dengan adanya digitalisasi, mewujudkan pelayanan publik yang smart customized dan berbasis data, sehingga bisa membantu untuk membangun pemerintahan yang bersih dan sesuai jalur (on the track),” kata Maurits di Hotel Swiss-belinn, Mimika, Papua Tengah, pekan lalu.

Maurits mengatakan SIPD RI mampu mengakselerasi dan memudahkan antarkomponen pemerintah saling berbagi informasi dengan mengutamakan manajemen kerja berbasis digital.

Itu sejalan dengan semangat untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju yang ditandai dengan pelayanan yang makin efektif, efisien, akuntabel, transparan, dan berdaya saing.

“SIPD RI merupakan generasi baru dari transformasi SIPD sebelumnya. Transformasi tersebut membuat SIPD RI menjadi aplikasi umum yang bisa digunakan oleh pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga. Upaya ini dilakukan untuk menyatukan aplikasi yang banyak dibangun oleh kementerian/lembaga, sehingga diharapkan nantinya lebih efektif dan efisien,” kata Maurits.

SIPD RI merupakan jembatan penghubung penerapan konsep transformasi digital pemerintah daerah ke dalam SPBE dan Satu Data Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News