Kemendagri: Perlu Berkolaborasi Demi Menumbuhkan Inovasi di Daerah

Kemendagri: Perlu Berkolaborasi Demi Menumbuhkan Inovasi di Daerah
Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni meminta pemerintah daerah berkolaborasi dan berkompetisi di dalam menumbuhkan inovasi demi mempermudah pemberian layanan kepada masyarakat.

Fatoni mengatakan itu saat menjadi pembicara dalam acara bertajuk Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah dalam Rangka Innovative Government Award 2021, Jumat (6/8).

"Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini, kompetisi dan kolaborasi adalah keniscayaan, termasuk saat melakukan inovasi. Untuk itu daerah harus bersiap melakukan itu," ujar Fatoni.

Eks Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri itu menyebut kolaborasi bisa dibangun dengan akademisi atau perguruan tinggi, swasta atau sektor privat, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dan media.

“Kolaborasi perlu dilakukan, apalagi ketika daerah mengalami keterbatasan sumber daya dan menghadapi persoalan bersama,” ucap Fatoni.

Dia pun berharap kepala daerah bisa membangun simpul inovasi guna mendukung upaya kolaborasi.

Nantinya, kata dia, bisa menjadi tempat saling berbagi ide dan gagasan, saling mendukung, saling memperkuat, mengeskplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi antaraktor inovasi serta menyelesaikan berbagai persoalan.

Selain berkolaborasi, ujar Fatoni, kepala daerah bisa menggairahkan iklim kompetisi di dalam berinovasi demi memacu inovasi terus berkelanjutan.

Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni menyebut pemerintah daerah perlu membangun kolaborasi dan kompetisi di dalam menumbuhkan inovasi demi mempermudah pemberian layanan ke masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News