Kemendikbud Bagi-bagi Mobil Bioskop Keliling untuk Daerah 3T

Kemendikbud Bagi-bagi Mobil Bioskop Keliling untuk Daerah 3T
Kemendikbud. Foto ilustrasi: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membagikan 51 paket bantuan perfilman ke seluruh Indonesia, termasuk daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

Ke-51 paket bantuan perfilman tersebut terdiri dari 20 alat pembuatan film, 20 alat menonton film di ruang terbuka, dan 11 unit mobil bioskop keliling. Bantuan diberikan kepada sekolah, dinas pendidikan daerah, Unit Pelaksana Teknis (UPT), serta komunitas perfilman.

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman (Kapusbangfilm) Maman Wijaya mengatakan, selain membagikan mobil bioskop keliling, tahun ini pemerintah juga membagikan peralatan menonton film yang bisa digunakan di ruang terbuka.

Hal ini merupakan hasil evaluasi dari tahun sebelumnya, di mana ada daerah-daerah tertentu yang tidak mampu dijangkau oleh mobil bioskop keliling.

"Atas pengalaman di lapangan, ada kalanya pemutaran tidak bisa dilakukan karena mobil tidak mampu ke pelosok, jalannya tidak mencukupi untuk mobil berukuran besar. Namun jika dengan peralatan pemutaran tanpa mobil, bisa dilakukan pemutaran (film)," ujar Maman, Jumat (1/11).

Menurut Maman, sesuai dengan kebijakan awal, peralatan pemutaran film tanpa mobil ini ditujukan ke daerah 3T sehingga masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah 3T juga bisa menikmati film Indonesia.

Selain alat pemutaran film, Pusbangfilm juga memberikan alat produksi film kepada sekolah, baik dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Pemberian ini bertujuan untuk mendukung pengembangan perfilman di dunia pendidikan.

Maman meminta agar bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik dan penerima bantuan bisa mengajak instansi maupun lembaga lain di daerahnya untuk bisa ikut memanfaatkan fasilitas yang sudah didapatkan. Ia mencontohkan komunitas perfilman yang mengadakan festival film pendek keliling di daerahnya.

Kemendikbud membagikan sebanyak 51 paket bantuan perfilman ke seluruh Indonesia, termasuk daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News