Kemendikbud Segera Luncurkan Program SMK Pusat Keunggulan

Kemendikbud Segera Luncurkan Program SMK Pusat Keunggulan
Dirjen Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto.Foto/Ilustrasi.

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan antusiasme masyarakat terhadap pendidikan vokasi terus meningkat.

Menurut Wikan, sejak berbagai program vokasi diluncurkan, enam bulan belakangan ini terjadi peningkatan pemahaman dan juga gairah. Baik dari satuan pendidikan vokasi maupun dunia usaha dan industri (DUDI).

Hal tersebut dibuktikan dengan berjalannya program link and match antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI.

"Paket 8+1 sudah banyak diwujudkan ribuan SMK serta ratusan perguruan tinggi vokasi (PTV) dan lembaga kursus dan keterampilan (LKP),” kata Wikan di Jakarta, Jumat (8/1).

Selain itu juga terjadi perubahan mindset dari para pimpinan satuan pendidikan vokasi tanah air yang kini lebih terbuka dan berani melakukan terobosan untuk mewujudkan link and match seutuhnya.

"Kami akan terus meningkatkan mindset dan leadership SDM pendidikan vokasi secara pesat dan cepat,” tegasnya

Tak hanya satuan pendidikan vokasi, pihak industri juga kian terbuka untuk melakukan kerja sama dengan satuan pendidikan vokasi.

Lebih lanjut dikatakan Wikan, perubahan kurikulum menjadi dasar melakukan link and match. Semisal untuk SMK, dilakukan lima aspek perubahan.

Kemendikbud akan meluncurkan program SMK Pusat Keunggulan yang melibatkan perguruan tinggi vokasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News