Kemendikbudristek Buka Pendaftaran IISMA 2024, Kuota Peserta Melonjak

Kemendikbudristek Buka Pendaftaran IISMA 2024, Kuota Peserta Melonjak
Kemendikbudristek telah membuka pendaftaran Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2024. Foto: Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek telah membuka pendaftaran Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) 2024. Dimulai pada Selasa (23/1) hingga Rabu (14/2) melalui portal IISMA.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melakukan berbagai persiapan dan mengambil kesempatan emas itu.

“Persiapkan diri dengan bahasa asing yang baik dan pilih program studi yang makin beragam di mitra perguruan tinggi terkemuka di dunia,” pesan Nizam, Kamis (25/1) 

IISMA merupakan salah satu  dari delapan program flagship di bawah kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. 

Program IISMA mulai dibuka pada 2021 dengan tujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa Sarjana semester 4 sampai 6, untuk menempuh perkuliahan di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbudristek, dalam bentuk beasiswa. 

Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Nizam mengungkapkan tahun ini IISMA melakukan seleksi calon awardees melalui tiga skema, yaitu regular, afirmasi, dan co-funding.

Skema reguler merupakan beasiswa penuh dari Kemendikbudristek RI. Skema afirmasi merupakan beasiswa penuh dari Kemendikbudristek untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal.

Kemendikbudristek membuka pendaftaran IISMA 2024, kuota peserta memelesat sehingga menjadi kesempatan besar bagi mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News