Kemendikbudristek: Gebyar Menara Vokasi 2021 Puncak Pembentukan Akselerator Daerah

Kemendikbudristek: Gebyar Menara Vokasi 2021 Puncak Pembentukan Akselerator Daerah
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto dalam Gebyar Menara Vokasi 2021. Foto tangkapan layar YouTube Ditjen Pendidikan Vokasi

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sukses menggelar Gebyar Menara Vokasi 2021.

Event itu dihelat secara serentak di lima wilayah, yaitu Medan, Sumatera Utara; Pekanbaru, Riau; Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; dan Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto mengungkapkan kegiatan ini merupakan puncak dari pembentukan akselerator daerah yang diinisiasi satuan pendidikan vokasi bersama para pemangku kepentingan, seperti Pemda, dunia usaha dan dunia industri (DUDI), asosiasi, organisasi kemasyarakatan, dan media massa. 

Dirjen Wikan memberikan apresiasi atas upaya setiap wilayah yang telah berhasil membentuk akselerator daerah berbasis kemitraan pentahelix.

"Dalam kemitraan yang terpenting bukanlah gebyar acaranya, tetapi komitmen bersama mewujudkan pendidikan vokasi selaras kebutuhan industri, relevan dengan pembangunan, baik di daerah maupun nasional," tutur Dirjen Wikan pada kegiatan Gebyar Menara Vokasi di Kolaka, Selasa (7/12). 

Dia melanjutkan vokasi tidak mungkin berjalan sendiri. Harus link and match.

Untuk bisa link mungkin tidak sulit, tetapi match ini masih menjadi tantangan.

Cara tradisional harus ditinggalkan, jangan mendidik dengan keyakinan sendiri yang ternyata sudah tidak relevan kebutuhan industri yang kebaruannya begitu cepat.

Kemendikbudristek sukses menggelar Gebyar Menara Vokasi 2021 secara serentak di lima daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News