Kemendikbudristek Kirim Ratusan Dosen Vokasi Magang ke Luar Negeri 

Kemendikbudristek Kirim Ratusan Dosen Vokasi Magang ke Luar Negeri 
Sebanyak 194 dosen perguruan tinggi vokasi baik negeri maupun swasta diberangkatkan Kemendikbudristek  ke luar negeri. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, TANGERANG - Sebanyak 194 dosen perguruan tinggi vokasi baik negeri maupun swasta diberangkatkan Kemendikbudristek  ke luar negeri.

Mereka terpilih untuk mengikuti program magang dan penguatan tata kelola perguruan tinggi unggul bereputasi global.

Keberangkatan dari sejumlah dosen itu merupakan salah satu skema dari empat skema, yakni program pelatihan, sertifikasi kompetensi internasional, dan magang besertifikat yang diselenggarakan sebagai bentuk kerja sama antara Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

“Keikutsertaan dosen vokasi magang ke luar negeri ini diharapkan menjadi agen perubahan dan inovasi bagi perguruan tinggi asal mereka seiring perkembangan dan dinamika industri berskala internasional,” kata Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya (KLSD) Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Henri Tambunan saat melepas kloter pertama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, baru-baru ini.

Henri menjelaskan setelah melewati serangkaian panjang proses seleksi, akhirnya 194 dosen vokasi dari PTN maupun PTS terpilih mendapatkan beasiswa program magang, pelatihan, dan sertifikasi kompetensi di 13 perguruan tinggi serta industri di empat negara asing, yaitu Inggris, Jerman, Amerika, dan Singapura. 

“Mereka secara bergelombang akan segera diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan, sertifikasi kompetensi, dan magang pada Oktober sampai Desember 2022 ini,” ujarnya.

Dalam mengikuti program ini, lanjut Henri, para dosen harus mengikuti seleksi yang sangat ketat, yaitu harus dinyatakan lulus seleksi administrasi dan substansi yang melibatkan 48 orang reviewer nasional.

Tidak mudah memang untuk mendapatkan kesempatan yang bagus  ini. 

Kemendikbudristek mengirimkan ratusan dosen vokasi untuk magang ke luar negeri di universitas top

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News