Kemendikbudristek Meluncurkan Kenduri Swarnabhumi 2023, Lebih Semarak, Megah

Kemendikbudristek Meluncurkan Kenduri Swarnabhumi 2023, Lebih Semarak, Megah
Rangkaian festival budaya berbasis sungai akan dilaksanakan di Jambi di bawah platform Kenduri Swarnabhumi. Foto dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Festival Kenduri Swarnabhumi kembali digelar. Kali ini berlangsung di Kota Jambi, Provinsi Jambi. 

Adapun titik rangkaian peluncuran Kenduri Swarnbhumi di Sepanjang JL. H. Agus Salim, Halaman GOS Kota Baru Jambi, dan puncaknya di Halaman GOR Kota Baru Jambi.

Berbagai kegiatan mewarnai peluncuruan Kenduri Swarnabhumi 2023 besutan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi, di antaranya Ekspedisi Batanghari, Lokakarya dan Pemberdayaan Komunitas, Pemajuan Kawasan Cagar Budaya Nasional Muara Jambi.

Kemudian, seminar dan Talkshow Peradaban DAS Batanghari, Festival Daerah hingga Penerapan dan Penguatan Kembali Piagam Batanghari.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengungkapkan kegiatan yang berkerja sama dengan pemerintah Provinsi Jambi dengan tema Peradaban Sungai Batang Hari: Dulu, Kini, dan Nanti” bertujuan untuk pemajuan kebudayaan Melayu. 

"Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hubungan antara kebudayaan dan pelestarian lingkungan, khususnya sungai," terang Dirjen Hilmar, Sabtu (24/6).

Lebih lanjut dikatakan program Kenduri Swarnabhumi kali ini  dengan sasaran kegiatan pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, dan bahkan dikembangkan sampai ke Kabupaten Dhamasraya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan Swarnabhumi 2023 ini kata Dirjen Hilmar, merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yang bertujuan menelusuri kembali jejak peradaban dari masa lalu dan ini sejarah peradaban Kerajaan Melayu di DAS Batanghari yang berusia 600 tahun mulai abad ke 7 Masehi hingga ke 14 Masehi. Dengan latar belakang sejarah yang saat ini.

Kemendikbudristek meluncurkan Kenduri Swarnabhumi 2023, lebih semarak, lebih megah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News