Kemendikbudristek Mengajak Peserta Didik Manfaatkan Beasiswa Indonesia Maju

Kemendikbudristek Mengajak Peserta Didik Manfaatkan Beasiswa Indonesia Maju
Sekjen Kemendikbudristek Suharti. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuat terobosan beasiswa pendidikan Indonesia.

Program beasiswa ini merupakan kolaborasi Kemendibudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) tidak hanya menuntut kecerdasan, tetapi juga karakter yang kuat dari mulai sikap bijak, berani, mandiri, dan tanggung jawab. Yang tidak kalah penting adalah sikap peduli pada kemanusiaan.

Suharti menjelaskan Beasiswa Indonesia Maju merupakan program pemerintah yang disediakan bagi peserta didik berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan S2 pada perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

“Tantangan ke depan akan selalu ada dalam berbagai bentuk dan mau tidak mau, suka tidak suka kita harus siap menghadapi saat itu tiba,” pesan Suharti pada Selasa (17/5).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Asep Sukmayadi menyebut BIM bagian dari manajemen talenta nasional untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

BIM merupakan program terintegrasi yang terdiri dari program beasiswa bergelar dan non gelar.

Program tersebut juga sebagai bentuk penghargaan dan upaya jaminan karir belajar bagi peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus.

Kemendikbudristek mengajak peserta didik memanfaatkan fasilitas Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yang sudah dibuka sejak 11 Mei. Begini syaratnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News