Kemendikbudristek pun Tak Tahu Kapan Pengumuman PPPK Guru 2022, Panselnas CASN, Piye to?

Kemendikbudristek pun Tak Tahu Kapan Pengumuman PPPK Guru 2022, Panselnas CASN, Piye to?
Para pengurus pusat forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK). Kapan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022? Foto: dokumentasi GLPGPPPK for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA –Hari ini, Selasa 28 Februari 2023, para pelamar seleksi PPPK Guru 2022 tidak perlu membuka laman gurupppk.kemdikbud.go.id.

Lantaran sudah bisa dipastikan kalimat “Pengumuman hasil seleksi ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut” masih bertahan di Portal Informasi Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022 itu.

Ya, sudah pasti hari ini belum juga ada pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022, setelah ketua Forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Pusat Iswadi, S.Pd.M.Pd., bertemu dengan Koordinator Pokja Perencanaan dan Efektivitas Kelembagaan Sekretaris Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) Kemendikbudristek Adhika Ganendra pada Senin (27/2).

Iswandi mendapat beberapa poin penjelasan dari Adhika yang mengindikasikan hari ini belum ada pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022.

Pertama, Kemendikbudristek masih harus berkoodinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk membahas 2.100 formasi kosong karena ada guru PNS pensiun, meninggal, dan sebab lainnya.

Jumlah tersebut akan menjadi kuota tambahan untuk guru lulus passing grade (PG) seleksi PPPK 2021, yang menjadi prioritas pertama (P1) seleksi PPPK 2022.

"Jadi, terdapat 2.100 formasi kosong karena guru PNS pensiun, meninggal, dan lainnya. Nah, Kemendikbudristek berupaya agar formasi itu bisa diisi oleh guru lulus PG tanpa formasi," terang Iswadi kepada JPNN.com, Senin (27/2), setelah dirinya mendapat penjelasan dari Adhika.

Dari kalimat Iswadi tersebut, berarti Kemendikbudristek masih tahap berupaya, belum dipastikan 2.100 formasi dimaksud bisa menjadi kuota tambahan untuk P1.

Bagaimana kerja Panselnas CASN, kok belum juga ada kepastian kapan pengumumuan hasil seleksi PPPK Guru 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News