Kemendikbudristek Siapkan Beasiswa Pendidikan untuk Siswa, Guru & Tendik, Kuotanya Banyak, Syarat Mudah

Kemendikbudristek Siapkan Beasiswa Pendidikan untuk Siswa, Guru & Tendik, Kuotanya Banyak, Syarat Mudah
Kemendikbudristek Siapkan Beasiswa Pendidikan untuk Siswa, Guru & Tendik. Ilustrasi Foto: Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT) resmi membuka Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023.

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Kemendikbudristek kepada siswa, insan kebudayaan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (tendik) untuk dapat meraih gelar pada jenjang yang lebih tinggi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan selain jenjang S1 hingga S3 untuk pendidikan kesarjanaan dan keprofesian, BPI juga tersedia untuk pendidikan nongelar.

Pada 2021, Kemendikbudristek memberikan dukungan pendanaan untuk lebih dari 2.000 penerima beasiswa. Pada 2022 jumlahnya meningkat menjadi 4.000 penerima. 

"Yang menerima adalah pelajar berprestasi, pelaku budaya, guru, tenaga kependidikan, serta dosen yang mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri," kata Mas Nadiem, sapaannya, Rabu (3/5).

Dia berharap melalui BPI para penerima beasiswa dapat meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya serta dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sebagai bekal mewujudkan cita-cita. 

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan sejak 2021 hingga 2022, BPI telah berhasil membiayai 6.236 penerima beasiswa yang sekarang sedang menjalankan studi di berbagai perguruan tinggi pada berbagai jenjang, baik di dalam maupun luar negeri.

Dari keseluruhan penerima beasiswa tersebut sebanyak 89,1 persen di antaranya menempuh studi di dalam negeri dan 10,9 persen menempuh studi di luar negeri.

Kemendikbudristek menyiapkan beasiswa pendidikan untuk siswa, guru & tendik, kuotanya banyak, syarat mudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News