Kemendikbudristek Sukses Gelar KBKM 2021

Kemendikbudristek Sukses Gelar KBKM 2021
Gelaran Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021 tingkat nasional yang dilaksanakan di Kemendikbudristek. Foto: Dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021 tingkat nasional yang dilaksanakan pada 29 November - 4 Desember 2021 di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berlangsung sukses.

Kegiatan ini melibatkan 21 kelompok dari dua kategori yang telah tersaring secara ketat sejumlah 424 kelompok dari 14 regional.

Puncak kegiatan tingkat nasional ini telah berhasil memilih juara pertama, kedua dan ketiga di tiap kategori, selain itu juga ada apresiasi untuk tema inisiatif inklusif.

Kelompok Sirel dari Yogyakarta hadir sebagai juara kategori Aplikasi. Sirel berhasil menjadi juara pertama dengan karya aplikasi pemindai relief candi Borobudur, Prambanan, dan Sojiwan.

Aplikasi ini merupakan pengejawantahan konsep merdeka belajar sekaligus terobosan dalam wisata budaya.

Untuk kategori Purwarupa kelompok Haminjon menjadi juaranya, Haminjon meraih juara pertama dengan karya mengolah getah kemenyan menjadi bahan dasar berbagai produk wangi-wangian seperti parfum dan aromatherapy.

Kehadiran Haminjon diharapkan mampu melestarikan budaya petani yang sudah dijaga ratusan tahun sekaligus meningkatkan taraf perekonomian di desa.

Selain itu, Tuli Jabar Juara juga meraih apresiasi atas tema inisiatif inklusif, yang membuat aplikasi untuk memberikan akses bagi penyandang disabilitas di Desa Adat Cirendeu.

Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021 tingkat nasional yang dilaksanakan di Kemendikbudristek berlangsung sukses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News