Kemendiknas Siap Bentuk 'Posko Stres'

Kemendiknas Siap Bentuk 'Posko Stres'
Kemendiknas Siap Bentuk 'Posko Stres'
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP), direncanakan akan segera membentuk sebuah Posko Stres yang bertujuan untuk membekali para siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN). "Posko ini terutama akan dibentuk di wilayah atau daerah yang tingkat kelulusannya sangat rendah,” jelas Ketua BSNP, Djemari Mardapi, ketika ditemui di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Selasa (23/3).

Lebih jauh, Djemari menerangkan bahwa dengan keberadaan Posko Stres tersebut, diharapkan akan mampu meringankan beban mental para siswa. Dikatakannya, para siswa nantinya akan diberikan suatu dukungan atau motivasi dari para ahli psikologi dan bimbingan konseling, agar mereka tidak langsung berputus asa jika gagal mengikuti UN.

"Posko ini nantinya akan dibuka di perguruan tinggi negeri (PTN) di beberapa provinsi. Para siswa juga akan diberi suatu pembekalan diri yang dapat menguatkan mental, moral dan spiritualnya,” imbuhnya.

Sekadar untuk diketahui, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kemendiknas, persentase siswa tidak lulus tahun 2009 untuk jenjang SMA, yang tertinggi ada di Provinsi NTT yakni sebesar 30,91 persen. Selanjutnya diikuti oleh Provinsi Maluku Utara sebesar 30,25 persen, Sulawesi Tengah sebesar 27,07 persen, Papua Barat sebesar 26,98 persen, serta Bangka Belitung sebesar 24,99 persen.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP), direncanakan akan segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News