Kemendiknas Siapkan Regulasi Baru Kuota SNMPTN

Kemendiknas Siapkan Regulasi Baru Kuota SNMPTN
Kemendiknas Siapkan Regulasi Baru Kuota SNMPTN
JAKARTA- Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) saat ini tengah menyusun aturan baru kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

"Kemdiknas berencana menerbitkan peraturan kuota SNMPTN di seluruh PTN. Kemendiknas masih mempelajari apakah SNMPTN masih kondusif atau tidak dalam mengakomodasi siswa dari segala lapisan untuk masuk PTN berkualitas," kata Fasli Jalal ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (15/6).

Fasli menjelaskan, ada pemikiran bahwa  penerimaan mahasiswa melalui jalur nasional akan dipatok lebih besar. Kebijakan itu nantinya akan bersifat mengikat kepada  seluruh PTN. Sehingga, lanjut Fasli, semua PTN tidak boleh mengelak dari peraturan tersebut atas nama otonomi kampus. “Intinya SNMPTN itu akan menjadi  jadi jalur utama,” tegasnya.

Meski begitu, Fasli belum dapat memastikan kapan peraturan itu akan diterbitkan dan berlaku secara nasional. “Aturan ini nanti akan diumumkan oleh Mendiknas,” tandasnya.

JAKARTA- Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) saat ini tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News