Kemenhub Dekralasikan Truk Pelopor Lalu Lintas

Kemenhub Dekralasikan Truk Pelopor Lalu Lintas
Kemenhub. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), dan Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) mendeklarasikan truk pelopor keselamatan berlalu lintas di Terminal Peti Kemas (TPK), Koja, Jakarta Utara, Senin (13/3).

Direktur Utama JICT Riza Erivan mengatakan, truk-truk logistik di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok berjumlah lebih dari sepuluh ribu unit.

Jika tidak diakomodasi dengan baik, truk-truk itu bisa menimbulkan gangguan dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan

Karenanya, kata dia, pihaknya bersama Telkom telah memberikan sistem aplikasi data base Sistem Informasi Angkutan Barang (SIAB).

Dalam data base SIAB telah terisi dengan data identitas sopir truk, barang, pengusaha truk, serta data kendaraan, dengan secara detail dan terverifikasi.

"Jadi ada sensor ID yang dikembangkan oleh Aptrindo dengan SIAB. Setidaknya itu adanya SIAB itu, pengusaha barang atau truk tersebut bisa memonitor keluar masuk truk dari dan ke kawasan Pelabuhan Tanjung Priok maupun TPK Koja. Sistem baru ini diharapkan dapat lebih baik lagi pelayanannya. Kemudian, sistemnya ini cukup real time terhadap lalu lintas truk dan pengemudinya itu sendiri," kata Riza di Terminal Peti Kemas (TPK), Koja, Jakarta Utara.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Menteri Perhubungan Pudji Hartanto mengapresiasi dekralasi dan sistem SIAB ini.

Mantan Kapolda Sulselbar itu mengatakan, inovasi tersebut merupakan wujud upaya menekan tingginya jumlah kecelakaan yang diketahui sering melibatkan armada truk.

Kementerian Perhubungan, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), dan Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) mendeklarasikan truk pelopor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News