Kemenhub Diminta Perketat Pengawasan Pelabuhan

Kemenhub Diminta Perketat Pengawasan Pelabuhan
Proses evakuasi korban KM Sinar Bangun di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6). (Ist/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memperketat pengawasan di pelabuhan-pelabuhan.

Hal ini merupakan respons atas kecelakaan kapal yang marak terjadi belakangan ini.

Terakhir kecelakaan KM Lestari Maju di Selat Selayar, Sulawesi Selatan, setelah sebelumnya terjadi peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun, di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Ya kami mendorong pada Kemenhub harus lebih ketat lagi dalam pengawasan di pelabuhan-pelabuhan. Saya lihat ini adalah keteledoran dari hal pengawasan dari mulai manifest, kelebihan beban, lalu kemudian kelayakan kapal itu banyak," katanya, Rabu (4/7).

Karena itu, Bamsoet juga mendorong penegak hukum agar masuk ke wilayah tersebut memberikan sanksi dan hukuman yang seberat-beratnya pada pengelola pelabuhan.

Lebih lanjut Bamsoet mendorong Komisi V DPR memanggil mitra atau menteri terkait untuk memberikan penjelasan dan melakukan evaluasi menyeluruh pada pelabuhan-pelabuhan yang ada.

"Terutama pelabuhan terpencil atau agak kecil," tegasnya. (boy/jpnn)


Setelah kecelakaan terjadi di Danau Toba, terbaru terjadi di KM Lestari Maju di Selat Selayar, Sulawesi Selatan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News