Kemenhub Jadikan Bandara Sultan Thaha Tempat Promosi UMKM Jambi

Kemenhub Jadikan Bandara Sultan Thaha Tempat Promosi UMKM Jambi
Peluncuran Gernas BBI di Bandara Sultan Thaha Jambi pada Rabu (19/1), disaksikan langsung oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Campaign Manager Gernas BBI. Foto: dok Kemenhub

jpnn.com, JAMBI - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadikan Bandara Sultan Thaha, Jambi, sebagai tempat promosi produk-produk UMKM lokal untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Tahun 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan Gernas BBI diharapkan semakin meningkat kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk dalam negeri, sekaligus kampanye kendaraan listrik ramah lingkungan agar penggunaannya semakin masif.

“Ini kedua kalinya kami ditunjuk sebagai campaign manager Gernas BBI. Tahun ini kami semakin kompak, dalam upaya bersama mempromosikan produk-produk UMKM buatan dalam negeri yang dikolaborasikan dengan gerakan penggunaan kendaraan listrik,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Menhub menjelaskan para pelaku UMKM di Indonesia harus terus didorong agar produknya semakin kreatif sehingga semakin diminati dan dicintai masyarakat.

“UMKM menjadi bagian yang sangat penting dalam kemajuan ekonomi Indonesia. Hari ini ada sekitar 1.100 UMKM yang hadir di Jambi. Kita harapkan banyak transaksi dan banyak kreasi UMKM yang bisa dikembangkan,” ujar Menhub.

Kemenhub telah berkoordinasi dengan semua operator prasarana dan sarana transportasi, baik di bandara, terminal, pelabuhan, stasiun, dan di fasilitas lainnya, untuk turut mengkampanyekan Gernas BBI dan memberikan ruang minimal 30 persen dari total yang ada untuk UMKM, serta mewajibkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal dalam proyek infrastruktur transportasi.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan komitmennya untuk terus menggalakkan penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah bagi lingkungan, dalam upaya bersama mengurangi dan mengendalikan efek gas rumah kaca yang menjadi isu global.

Untuk itu pada tahun ini Kemenhub menggelar kegiatan sampingan Gernas BBI yaitu Touring Kendaraan Listrik dari Jakarta-Jambi yang berlangsung selama 2 hari dengan titik pemberhentian di Lampung dan Palembang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadikan Bandara Sultan Thaha, Jambi, sebagai tempat promosi produk-produk UMKM lokal

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News