Kemenhub Luncurkan Bus Trans-Jawa Pada 27 Mei

Kemenhub Luncurkan Bus Trans-Jawa Pada 27 Mei
Layanan bus trans-Jawa akan resmi diluncurkan pada 27 Mei. Foto: Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Layanan bus trans-Jawa akan resmi diluncurkan pada 27 Mei. Bus tersebut khusus melayani penumpang dengan menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa.

“Akan segera kami resmikan. Saya sudah kasih izin untuk 30 kendaraan (bus, red),” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Kemenhub menyiapkan 30 unit bus dari tujuh operator berbeda. Bus tersebut akan melayani trayek Jakarta-Surabaya.

Konsep dasar bus trans-Jawa adalah melayani penumpang lewat jalan tol tanpa berhenti. Penumpang bisa diturunkan di rest area untuk kemudian dijemput kendaraan pengumpan untuk keluar tol.

BACA JUGA: 3 Maskapai Ajukan Penambahan Jadwal Tujuan Semarang

Namun, ide tersebut tidak disetujui Kementerian PUPR sebagai regulator jalan tol. Tetapi Budi menyatakan tidak masalah dengan keberatan dari Menteri PUPR.

Dia sudah mengarahkan agar bus trans-Jawa yang akan beroperasi pada periode mudik tahun ini keluar dulu ke exit tol untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. “Nanti mereka menaikkan dan menurunkan penumpangnya terserah di mana,” ujarnya.

Budi yakin pemberhentian bus trans-Jawa serta aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang tidak akan mengakibatkan kemacetan.

Layanan bus trans-Jawa akan resmi diluncurkan pada 27 Mei. Bus tersebut khusus melayani penumpang dengan menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News