Kemenhub Mantapkan Persiapan Jelang Angkutan Lebaran

Kemenhub Mantapkan Persiapan Jelang Angkutan Lebaran
Persiapan jelang arus mudik 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pemeriksaan seluruh moda transportasi yang akan digunakan.

Hal itu dilakukan sesuai Instruksi Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2017 agar seluruh kendaraan atau moda transportasi yang akan digunakan untuk angkutan lebaran diperiksa kelaikannya, baik moda darat, laut, udara, maupun kereta api.

"Istilahnya rampcheck,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto pada acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 di Galeri Nasional, Jakarta (2/6).

Diperkirakan ada 48.790 bus yang akan diperiksa kelaikannya.

Pudji menjelaskan rampcheck sudah dilakukan sejak 17 April 2017 hingga nanti H-15 atau 10 Juni 2017.

Karena itu, pihaknya terus melakukan persiapan agar mudik aman dan selamat sampai di tujuan, seperti infrastruktur, moda transportasi dan menyiapkan operator serta pengemudi.

“Kami melakukan pemeriksaan kepada pengemudi sebelum berangkat, serta operator yang nantinya dilakukan pembinaan supaya mengurangi resiko terjadi kecelakaan pada saat mereka melaksanakan tugas,” katanya.

Di samping itu, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian PuPR, Polri, Kementerian Kesehatan, Basarnas dan stakeolder lain.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pemeriksaan seluruh moda transportasi yang akan digunakan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News