Kemenhub Masuk Daftar Merah Saber Pungli, Begini Respons Budi Karya

Kemenhub Masuk Daftar Merah Saber Pungli, Begini Respons Budi Karya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (jaket hitam) saat rapat di DPR. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan merilis ada 10 kementerian dan lembaga yang sering dilaporkan ke Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) sepanjang Oktober 2016-Juli 2017.

Kesepuluh instansi itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Agraria, Kementerian Keuangan dan TNI.

Nah, Menhub Budi Karya Sumadi justru menyampaikan terima kasih karena itu bisa menjadi bahan evaluasi bagi institusinya.

"Saya terima kasih informasi itu, karena bisa jadi satu proses perbaikan. Dan memang kami jadi kementerian yang paling banyak mendapatkan respons karena kan pelayanan masyarakat," ujar Budi Karya di kompleks Istana Kenegaraan, Selasa (1/8).

Sektor yang paling rawan menurut dia adalah di perhubungan laut, karena berkaitan dengan pelayanan di banyak wilayah.

"Banyak orang pelaut-pelaut itu ingin cepat, sehingga mereka ingin jalan pintas," jelas dia.

Dengan adanya data dari Tim Saber Pungli, pihaknya akan melakukan perbaikan dan antisipasi. Antara lain memangkas prosedur perizinan dan menyerahkan pengelolaan sebagian unit usaha pelayanan kepada profesional/swasta.(fat/jpnn)


Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan merilis ada 10 kementerian dan lembaga yang sering dilaporkan ke Tim Sapu Bersih Pungutan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News