Jumat, 23 Agustus 2019 – 22:29 WIB

Kemenhub Pastikan 2 Bandara di Yogyakarta Siap Layani Puncak Arus Balik

Sabtu, 08 Juni 2019 – 13:10 WIB
Kemenhub Pastikan 2 Bandara di Yogyakarta Siap Layani Puncak Arus Balik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjamin dua bandara di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah siap menghadapi arus balik Lebaran 2019 yang diprediksi mengalami puncaknya pada Sabtu ini (8/6). Saat ini di DIY terdapat dua bandara, yakni Adi Sutjipto dan Bandara Internasional Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kemenhub melakukan pantauan secara langsung atas pelayanan di kedua bandara tersebut. Sekretaris Ditjen Hubud Kemenhub Nur Isnin Istiartono mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai inspeksi.

"Kami menitikberatkan pada action yang dilakukan oleh operator penerbangan dalam melayani angkutan lebaran yang saat ini tengah memasuki arus balik. Ditjen Hubud melakukan inspeksi untuk menjamin keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan yang optimal, yakni melalui ramp check pesawat, inspeksi keamanan dan juga pantauan tarif tiket," ujarnya.

Baca juga: Tahun Ini Tidak Banyak Penumpang Bus Arus Balik

Hingga hari ini Jumat (7/6), pergerakan di Bandar Udara Adi Sutjipto mencapai 185.846 penumpang atau pax. Angka itu terdiri dari 114.300 penumpang kedatangan domestik dan 61.009 pax keberangkatan domestik.

Untuk kedatangan penerbangan internasional mencapai 5.998 penumpang. Adapun keberangkatan internasional mencapai 4.539 penumpang.

Khusus untuk NYIA yang terletak di Kulonprogo telah beroperasi dan secara perdana melayani Angkutan Lebaran 2019. Bandara yang lokasinya tak jauh dari Laut Selatan itu melayani penerbangan untuk lima rute, yakni Kulonprogo - Samarinda, Kulonprogo - Palangakaraya, Kulonprogo - Soekarno Hatta, Kulonprogo - Halim Perdanakusuma dan Kulonprogo - Soekarno Hatta.

"Untuk lebaran tahun ini, kami bersyukur Bandara Internasional Yogyakarta telah beroperasi sehingga masyarakat yang ingin mudik ke wilayah sekitar Yogyakarta bagian selatan dapat menggunakan angkutan udara," tutup Isnin.(tan/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar