Kemenhub Peringati Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional

Kemenhub Peringati Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperingati Hari Menara Suar yang jatuh pada 22 September dan Hari Maritim Nasional yang diperingati setiap 23 September. Foto dok Kemenhub

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperingati Hari Menara Suar yang jatuh pada 22 September dan Hari Maritim Nasional yang diperingati setiap 23 September.

Puncak peringatannya dipusatkan di Kota Gudeg Yogyakarta tepatnya di Menara Suar Tanjung Baron Gunung Kidul Yogyakarta, dan dilaksanakan secara bersama secara luring dan daring oleh 25 Distrik Navigasi di seluruh Indonesia pada Jumat (22/9), sekaligus memperingati Hari Maritim Nasional Tahun 2023.

Adapun tema Peringatan Hari Maritim Nasional yakni Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju, maka tema peringatan Hari Menara Suar ke-9 Tahun 2023 yakni Cerlang Suar Menjaga Keselamatan dan Laju Transportasi Laut.

Menurut Direktur Kenavigasian, Capt. Budi Mantoro, kedua tema tersebut juga menyatu dengan tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023 yaitu 'Melaju Untuk Transportasi Maju'.

“Keberadaan Menara Suar serta para petugasnya yang tidak kenal lelah dalam menjaga cahaya Menara Suar agar tetap terang dan menerangi para pelaut, sehingga mereka layak dijuluki sebagai Pahlawan di tengah lautan serta sudah selayaknya mendapatkan apresiasi yang pantas dari seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat maritim di indonesia maupun di dunia,” ucap Capt. Budi.

Selain itu, melalui peringatan kedua hari besar ini, semua lapisan masyarakat bisa mengenang sejarah panjang Menara Suar serta peran pentingnya dalam keselamatan pelayaran.

”Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional menjadi pengingat bahwa keselamatan pelayaran adalah aspek kritis dalam kelangsungan hidup dan kemajuan perdagangan dunia. Menara suar adalah penjaga setia yang membantu kapal-kapal melewati bahaya di laut dan mencapai tujuan mereka dengan selamat.” kata Capt. Budi.

Capt. Budi juga menyampaikan Menara Suar selain memiliki peran penting dalam mendukung keselamatan pelayaran, juga sebagai penandaan  batas-batas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional menjadi pengingat bahwa keselamatan pelayaran adalah aspek kritis dalam kelangsungan hidup dan kemajuan perdagangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News