Kemenhub Prediksi Jawa Tengah jadi Tujuan Mudik Paling Banyak

Kemenhub Prediksi Jawa Tengah jadi Tujuan Mudik Paling Banyak
Kemenhub gelar Rapat Kesiapan Jalur Mudik Angkutan Lebaran Tahun 2022 (1443 H) wilayah Jawa Tengah yang digelar di Banyumas pada Sabtu (26/3). Foto: Kemenhub

jpnn.com, BANYUMAS - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi memprediksi daerah tujuan terbanyak mudik pada tahun ini ialah ke wilayah Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Kesiapan Jalur Mudik Angkutan Lebaran Tahun 2022 (1443 H) wilayah Jawa Tengah yang digelar di Banyumas pada Sabtu (26/3).

“Dari hasil penelitian Badan Litbang Perhubungan, daerah tujuan terbesar ke Jawa Tengah sebesar 26,8% atau 21,3 juta orang yang datang dari berbagai provinsi terutama dari Jawa Timur dan Jabodetabek,” ungkap Dirjen Budi.

Selain Jawa Tengah, potensi pergerakan masyarakat terbesar lainnya, yakni Jawa Timur dan Jawa Barat.

Survey potensi pergerakan masyarakat selama Angkutan Lebaran 2022 itu dilakukan pada 9-21 Maret setelah syarat perjalanan dengan tes antigen atau PCR dihapus.

Selain itu, kata dia, setelah tidak berlakunya tes antigen/PCR, potensi penggunaan moda sedikit bergeser meskipun penggunaan angkutan pribadi tetap yang terbanyak.

Dia mengatakan pemilihan penggunaan pesawat menjadi lebih banyak dibandingkan menggunakan kereta api dibandingkan hasil pada survey sebelumnya.

Pengguna mobil pribadi (26% atau 21 juta ) dan sepeda motor (18% atau 14 juta) mendominasi mayoritas jenis moda pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

Selanjutnya disusul oleh bus (16% atau 12 juta) dan pesawat (12% atau 9 juta).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperdiksi daerah tujuan mudik paling banyak pada tahun ini ialah ke Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News