Kemenhub Siapkan Kapal dan KA untuk Angkut Motor Gratis Selama Mudik

Kemenhub Siapkan Kapal dan KA untuk Angkut Motor Gratis Selama Mudik
Kemenhub Siapkan Kapal dan KA untuk Angkut Motor Gratis Selama Mudik

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan angkutan gratis untuk sepeda motor selama mudik Lebaran. Tahun ini, dua moda transportasi publik yang akan dikerahkan yakni kereta api dan kapal.

Tujuan penyediaan fasilitas angkut motor gratis ini untuk mengurangi angka kecelakaan selama mudik Lebaran, dimana yang terbanyak terjadi menimpa sepeda motor. Untuk jalur laut, Kemenhub akan menyediakan empat kapal pengangkut motor.

"Dua kapal dari TNI dan dua kapal lagi dari Pelni untuk angkut sepeda motor gratis," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di kantornya, Jakarta, Selasa (19/5) malam.

Sedangkan untuk kereta api, Jonan belum dapat memastikan berapa banyak gerbong yang disiapkan perusahaan pelat merah itu. Namun dia memperkirakan jumlahnya tidak beda jauh dengan tahun lalu, yakni 6.300 unit sepeda motor.

Sementara untuk rute angkutan motor gratis kebanyakan akan menuju ke Jawa Tengah.

"KAI saya enggak inget persisnya berapa, nanti dalam satu atau dua minggu lagi akan kita umumkan, paling nggak jauh beda seperti tahun lalu," ujar dia.

Meski gratis, kendaraan-kendaraan tersebut diasuransikan menggunakan Jasa Raharja.

Kami menganggarkan Rp 20 miliar untuk asuransi," tandas Jonan.(chi/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan angkutan gratis untuk sepeda motor selama mudik Lebaran. Tahun ini, dua moda transportasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News