Kemenhub Sosialisasikan Safety Riding Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Kemenhub Sosialisasikan Safety Riding Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubdat Kemenhub) Budi Setiyadi, menyampaikan arahan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, yang mewajibkan masyarakat selalu menjalankan safety riding atau keselamatan berkendara.

Selain itu juga menerapkan protokol kesehatan ketika berkendara khususnya di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Dengan demikian, Budi menegaskan, masyarakat harus lebih ekstra menjaga kesehatan dan keselamatan dirinya agar terhindar dari virus corona dan kecelakaan lalu lintas.

Budi menyampaikan itu dalam webinar yang bertajuk "Keselamatan Berkendara dan Adaptasi Kebiasaan Baru Menggunakan Sepeda Motor", Sabtu (19/12).

Budi mengatakan untuk tetap melaksanakan kegiatan di masa adaptasi kebiasaan baru serta menggerakkan perekonomian nasional, masyarakat tetap diperbolehkan beraktivitas seperti biasa dengan selalu memprioritaskan protokol kesehatan.

“Kesehatan dan keselamatan adalah hal utama, maka berkendaralah sesuai dengan aturan dan jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujar Dirjen Budi.

Dia menjelaskan berdasar data dari Korlantas Polri, setiap 1 jam ada 1 atau 2 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.

"Dari total kecelakaan yang terjadi pada tahun 2019 sebanyak 116.411 kecelakaan di mana 73, 1 persen kasusnya melibatkan sepeda motor," ungkap Budi.

Kesehatan dan keselamatan adalah hal utama, maka berkendaralah sesuai dengan aturan dan jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News