Kemenhub Umumkan Hasil Investigasi Pada Rangka eSAF Motor Honda, Simak Nih

Kemenhub Umumkan Hasil Investigasi Pada Rangka eSAF Motor Honda, Simak Nih
Ilustrasi rangka eSAF motor Honda. Foto: PT Astra Honda Motor

jpnn.com, JAKARTA - Tim investigasi yang diwakili Kemenhub bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan PT. Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan hasil penelitian pada rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang diduga bermasalah.

Investigasi pada rangka eSAF motor Honda itu dilakukan sejak Agustus hingga September 2023.

Penilitan rangka untuk mewujudkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan serta menindaklanjuti adanya keluhan masyarakat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini sedang dalam proses perbaikan.

Tujuan penelitian dilakukan untuk mengutamakan kendaraan bermotor yang berkeselamatan ke depannya.

“Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," kata dia dalam keterangannya, Jumat (15/9).

Menurut tim peneliti, PT Astra Honda Honda (AHM) membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) diproses menjadi rangka.

Kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).

Tim investigasi yang diwakili Kemenhub bersama KNKT, dan PT. Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan hasil penelitian pada rangka eSAF motor Honda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News