Kemenkes Beri Peringatan kepada Petugas Kesehatan dan Calon Jemaah Haji

Kemenkes Beri Peringatan kepada Petugas Kesehatan dan Calon Jemaah Haji
Kemenkes ingatkan calon jemaah haji soal cuaca panas. Ilustrasi. Foto Antara/Nikolas Panama

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengingatkan para petugas kehatan dan calon jemaah haji mengenai kondisi cuaca di Arab Saudi.

Selain ancaman Covid-19, pelaksanaan haji juga terjadi saat suhu udara Arab Saudi diperkirakan meningkat hingga 50 derajat celcius saat puncak haji Juni dan Juli mendatang.

Oleh karena itu, dia meminta para petugas kesehatan dan calon jemaah haji untuk memperbanyak minum air dan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Terus lakukan edukasi dan ingatkan jemaah untuk banyak minum agar tidak mengalami dehidrasi," kata Kunta, Selasa (31/5).

Dia berharap kegiatan berupa gerakan minum air dengan slogan #jangantungguhaus bisa benar-benar dilaksanakan.

Kunta memastikan selama pelaksanaan ibadah haji 2022, petugas kesehatan akan terus melakukan pendampingan dan monitoring kesehatan para jemaah terutama kelompok rentan, seperti lansia dan orang dengan komorbiditas.

Untuk itu, Kemenkes akan menggunakan aplikasi yang memuat riwayat dan status kesehatan jemaah, yaitu TeleSehat.

"Khusus untuk jemaah yang berisiko tinggi, tahun ini kami menggunakan TeleJemaah, untuk mengetahui status kesehatan," ujar Kunta.

Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengingatkan para petugas kehatan dan calon jemaah haji mengenai kondisi cuaca di Arab Saudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News