Kemenkes Isolasi Sumber Penularan

Temuan Flu Burung di Jakarta Utara

Kemenkes Isolasi Sumber Penularan
Kemenkes Isolasi Sumber Penularan
JAKARTA - Ancaman virus flu burung kembali menghantui. Itu menyusul tewasnya seorang pemuda di Jakarta Utara belum lama ini yang diduga kuat karena flu burung. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merespons serius untuk mengantisipasi menyebarnya virus H5NI yang bisa mematikan itu.

"Tentu kami antisipasi ke depannya agar tidak menular ke beberapa orang atau tempat lain," kata Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti di kompleks Istana Kepresidenan, kemarin (10/1). Kemenkes, kata dia, sudah menerjunkan tim untuk menangani adanya temuan tersebut. "Tim yang ditunjuk diminta untuk bergerak lebih efetif dan efisien," sambungnya.

Ali mengatakan, upaya pencegahan juga akan menjadi perhatian. "Sumber-sumber penularan kita upayakan untuk ditangani. Nah jika yang sudah kena, rumah sakit sudah kita siapkan," ujar pria yang pernah menjadi dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengakui jika Indonesia belum sepenuhnya bebas dari flu burung. Bahkan, menurutnya, baru satu provinsi, yakni Maluku Utara, yang bebas dari flu burung. Dia mengaku sudah memerintahkan jajarannya untuk melakukan pemantauan dan kesiagaan merebaknya virus flu burung.

JAKARTA - Ancaman virus flu burung kembali menghantui. Itu menyusul tewasnya seorang pemuda di Jakarta Utara belum lama ini yang diduga kuat karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News